Terkini

Bupati sikka NTT Tawarkan Kerjasama Dengan Kota Surabaya

SURABAYA , Jatimjarrakpos.com – Fransiskus Roberto Diogo Bupati Sikka Nusa Tenggara Timur Dalam rangka kunjungan kerjanya ke Pemkot Surabaya, berkesempatan mampir di ruang kerja wakil ketua DPRD Surabaya AH. Thony Jum’at (4/3/22).

Terlihat Sangat akrab, Bupati yang sempat viral karena mengajak berantem salah satu Wakil ketua DPRD Sikka ini mengaku ingin menjalin kerjasama Goverment to Goverment dengan pemerintah kota Surabaya.

Kerjasama yang akan digagasnya terkait bidang Pendidikan, Kesehatan dan bidang Ekonomi.

” Tadi kami sudah ketemu dengan Pak Wakil Walikota Armuji, dan beliau menyambut baik keinginan kami, ” Ungkapnya kepada Diagram kota.

” Sepulang dari sini, akan kami bahas lebih lanjut bersama OPD terkait apa saja yang dapat dikerjasamakan, ” Tambahnya.

Di Sikka sendiri, sejak dilantik 2018, Bupati sudah melakukan beberapa program yang dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah meneruskan beasiswa pendidikan bagi MBR sampai sampai tingkat perguruan tinggi.

” Kita dorong masyarakat hanya fokus ke ekonomi, karena pendidikan dan kesehatan sudah kita tanggung, ” Jelas Bupati.

Sejak tahun 2000, sudah ada 8000 anak yang dibiayai kuliahnya, baik di NTT, maupun di kota lain. Bahkan ada satu yang menjalani pendidikan pasca sarjana di Malaysia.

“MBR harus diselesaikan, itu wajib! ” Ujarnya.

Dengan APBD 2022 Senilai 1,4 triliun, dan 327 rb jumlah penduduk, kabupaten Sikka sebenarnya termasuk kaya sumber daya alam. Seperti vanili, coklat, pala, mente dan yang lebih banyak adalah Kelapa serta rempah-rempah yang lain.

Ia menjelaskan bahwa teknologi di wilayah NTT masih sangat rendah sehingga menyulitkan pihaknya untuk melakukan promosi.

Sehingga, pihaknya berinisiatif melakukan kerjasama di bidang produk UMKM dengan Pemerintah Jawa Timur, utamanya Surabaya.

“Surabaya dan Jatim lebih maju, jadi disini kami juga belajar masalah e-form agar dapat diadopsi.” Ungkap pak Bupati yang menang melalui jalur perseorangan ini.

Ia juga menegaskan bahwa kerjasama ini, bertujuan untuk memperkuat ekspor, dan meningkatkan produk UMKM di Sikka yang belum seberapa besar. Bahkan proses kerjasama ini sudah dilakukan saat bu Risma masih menjabat Walikota Surabaya.

“Karena ada Covid, prosesnya jadi terhenti,” ujarnya.

Nantinya, masih kata Bupati, akan dilihat kerjasama mana dulu yang bisa dilakukan secepatnya

“Jadi secara simultan, disana juga akan kita siapkan. Kita punya bahan baku, dan pengolahannya ada disini. Kedepan produk olahan ini sudah bisa pakai E katalog,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony menyambut baik upaya kerjasama ini.

Menurutnya, sejak era kepemimpinan Bu Risma, di Surabaya sudah ada pahlawan ekonomi yang dibentuk oleh Pemkot.

Selain banyak inovasi, Pahlawan ekonomi sangat memungkinkan untuk bisa ditransformasikan dengan melihat potensi di Sikka

Sesuai penjelasan pak bupati, masih kata Thony, Kabupaten Sikka punya sumber daya alam yang melimpah, seperti kopi, vanili dan rempah-rempah yang lain.

Ketika hal ini di diadopsi, kemudian dibangun sebuah transformasi hulu-hilir, dan ketika pasokan dari Sikka tiba di Surabaya, hasil produksinya bisa ditumbuhkan, karena bahan bahan dari Sikka banyak dibutuhkan di Surabaya, beber politisi Partai Gerindra ini.

Alumni Fisip UGM’ 94 ini berharap, kerjasama ini bisa menciptakan industri yang luar biasa. Sebab kegairahan ekonomi dan UMKM diambang kritis, pasca serangan Covid-19.

” Ini merupakan persembahan dari pak bupati Sikka untuk Surabaya yang harus kita manfaatkan.” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button