Berita

Musrenbang Kabupaten 2022, Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo Tahun 2023

Ponorogo,jarrakpos.com- Musrenbang Kabupaten 2022, Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo Tahun 2023 digelar di Gedung Sasana Praja, Kamis (17/3).

Dalam Musrenbang tersebut difokuskan Pembangunan Infrastruktur Dasar Pariwisata Dan Peningkatan Sarana Prasarana Layanan Kesehatan, Yang Didukung Penguatan Kelembagaan Masyarakat Guna Memperkuat Ekonomi Lokal.

Tak hanya dihadiri Kang Bapati Sugiri dan Bunda Wabub Lisdyarita, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timurpun mengikuti acara tersebut hingga usai. Undangan lain yang hadir selain sejumlah kepala OPD, Kepala Desa hingga Organisasi Masyarakat.

Kang Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko saat acara musyawarah rencana pembangunan (musrenbang), mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pembangunan untuk sektor pariwisata yang dimulai pada tahun ini. Diantaranya air mancur memutar atau disebut water fountain.

“Untuk water fountain pembangunannya dilakukan secara multiyears dengan anggaran Rp 13 milyar dari APBD. Soal sisi keindahannya, tidak boleh keluar dari koridor yang diwacanakan,” terangnya.

“Termasuk nanti pembangunan monumen reyog yang berada di gunung gamping Kecamatan Sampung. Teknisnya hampir sama, dikerjakan secara multiyears senilai Rp 90 milyar dari APBD. Nanti agar dikerjakan oleh teknik sipil yang sudah ahlinya,”lanjutnya.

Jadi lanjut Bupati, sudah direncanakan, untuk desain dan DED ditangani oleh ITS. Namun, saya juga tidak ingin merepotkan dana APBD, karena selain itu juga sudah jaminan dari Gubernur Jatim terkait pembangunan monumen reyog.

Dengan adanya sejumlah pembangunan dari sisi kepariwisataan. Tentu outputnya untuk peningkatan perekonomian bagi masyarakat. Terutama, dari sektor UMKM. Ketika program tahun 2022 ini sudah eksisting, nantinya pertumbuhan perekonomian juga naik.

“Di tahun ini, juga telah diwacanakan rehab pembangunan stadion Bathoro Katong dan pembangunan sirkuit. Targetnya untuk tahun 2023, pertumbuhan ekonomi naik sebesar 4,4%. Faktor pendorong utamanya tentu dari sektor pariwisata,” jlentrehnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Ponorogo, Agus Sugiharto mengatakan, tak hanya dari sektor pariwisata, namun juga pendidikan, kesehatan hingga ekonomi lokal disampaikan pada musrenbang tahun 2023.

“Jadi musrenbang ini menyusun yang tertuang dalam RPJMD, juga menyepakati harapan dan masukan dari masyarakat. Untuk nantinya diproyeksikan dan dikerjakan di tahun 2023 mendatang,” tandasnya.(ad/dd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button