Terkini

Lestarikan Budaya, Ethnic Indonesia, Gelar Lelang Amal, Hingga Buka Open Bid 100 Ribu Untuk Pusaka Sepuh

Surabaya,jarrakpos.com, Upaya Rivo Cahyono untuk mengajak masyarakat Indonesia mencintai benda pusaka berbuah manis. Terbukti, pendiri Chanel YouTube Ethnic Indonesia itu, sukses menggelar lelang Pusaka secara live setiap hari mulai pukul 8 malam, kecuali pada hari Senin.

Di konfirmasi secara khusus, Rivo Cahyono, pria yang lahir di Surabaya, 21 April 1977, mengatakan, sudah lebih dari 50 episode lelang, sudah termaharkan lebih dari 800 pusaka, terbanyak adalah keris. Termurah mahar 700 ribu, hingga ratusan juta rupiah. “Tujuannya agar lebih banyak lagi orang-orang yang melestarikan dan mencintai pusaka warisan leluhur,”tandas pria yang sudah tertarik dengan pusaka 8 tahun yang lalu.

Tak sekedar lelang biasa, Rivo juga mengatakan digelar lelang amal untuk lembaga yang membutuhkan. “Sekarang sudah ada Yayasan Ethnic Indonesia Berbagi, jadi hasil penjualan lelang amal disalurkan ke yayasan untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Saat ini digunakan untuk memberi buka puasa untuk 50 orang,”jelasnya.

Soal harga lelang pusaka yang menurut peserta, terkesan murah dari harga beli, kembali Om Rivo menerangkan dirinya memahari sebuah pusaka seharga dua juta, tiga juta bahkan lebih namun saat lelang dibuka open bid (OB) hanya 100 ribu. Hal itu bertujuan agar semakin banyak orang mau merawat dan melestarikan pusaka.

“Kadang-kadang setelah lelang kita dapat lebih dari harga, tapi banyak juga dibawah harga beli kita. Dan kita merasa tidak rugi, karena tujuannya bukan semata mencari uang, untuk mengajak orang dalam melestarikan pusaka. Dan ternyata, peserta lelang, bahkan tidak mau pusaka dijual murah. Lelang ini akan digelar selama ada peminatnya,”jelasnya lebih dalam.

“Selama lelang yang menjadi favorit adalah keris. Terutama yang berkinatah, selalu ditunggu peserta lelang. Hampir setiap hari ada masterpiece, dan biasanya berkinatah,”lanjutnya.

Sejuah ini koleksi Ethnic Indonesia berjumlah lebih dari 1000 pusaka dari berbagai jenis dan era hingga daerah. “Tiap hari kita lelang pusaka, dan tiap hari juga kita memahari pusaka,”tandasnya.(*/dedy)

Jadwal lelang live di Chanel YouTube Ethnic Indonesia, Setiap Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu dimulai Pukul 20.00 (8 malam) hingga pukul 23.00 (11 malam).

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button