Daerah

Rutin Latihan, Inilah Kekuatan Anjing Pelacak Unit K-9 Polres Malang

Malang,jarrakpos.com- Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi bersama Personil Unit K-9 Sat Samapta Polres Malang Briptu Rifai Aminudin dan Briptu Supardi rutin beri pelatihan kepada anjing pelacak guna penajaman indra penciuman mengenai barang-barang mencurigakan serta memaksimalkan kinerja dalam melaksanakan tugas Kamtibmas yang diemban di Wilayah Hukum Polres Malang di Halaman Kantor Unit K-9 Sat Samapta, Mapolres Malang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (24/05/2022) Pagi.

“Pagi ini kami melaksanakan pelatihan pelacakan umum, salah satu kemampuan Unit K-9. Hal ini kami laksanakan rutin yang bertujuan agar apabila sewaktu-waktu dibutuhkan perihal adanya laporan kejahatan umum maka kami Unit K-9 Sat Samapta Polres Malang dapat siap siaga sebagai sarana melaksanakan pelacakan,” ujar Bambang Sidik Achmadi.

Bambang menjelaskan, kemampuan para anjing yang dimiliki Unit K-9 kami mempunyai fisik yang tangguh, tangkas dan memiliki kecerdasan yang tinggi dalam melakukan pelacakan umum.

Lebih lanjut, seperti halnya yang telah dilatihkan, telah kami buat simulasi pelacakan pelaku kejahatan dengan meninggalkan jejak yang dibuat sejauh 100 Meter, kemudian beberapa bekas titik tanda ditinggalkan sebagai fokus anjing Unit K-9 ini dapat mencari serta menemukan pelaku kejahatan tersebut.

“Kita uji bagaimana para anjing Unit K-9 ini melacak mulai dari titik 0 hingga menemukan lokasi pelaku kejahatan bersembunyi, alhasil memang patut diacungi jempol, anjing tersebut berhasil mencari serta menemukannya hanya dengan waktu 48 Detik,” tegasnya.

Menariknya lagi, anjing Unit K-9 Sat Samapta Polres Malang dalam segi jarak tempuh area pelacakan dapat mencapai sejauh 800 Meter dalam mencari pelaku kejahatan yang dimaksud, dengan bermodalkan bekas titik tanda pelaku kejahatan yang ditinggalkan terakhir kali.

Sebelumnya, pada Laga Ujicoba pertandingan Sepak Bola antara Arema FC VS PSIS Semarang yang dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Minggu lalu (22/05) Unit K-9 Sat Samapta Polres Malang nampak pula melakukan pengamanan pagelaran pertandingan persabahatan tersebut. Selama kegiatan pengamanan tersebut semua hasil dari koordinasi dapat berjalan sesuai rencana, tak luput Unit K-9 Sat Samapta Polres Malang pun dapat melakukan tugasnya dengan baik. (dik/dd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button