Daerah

Dinas Lingkungan Hidup Minta Idul Adha Gunakan Pembungkus Ramah Lingkungan, Untuk Kurangi Sampah Plastik

Ponorogo,jarrakpos.com-Peringatan Idul Adha tahun 2022, melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah Ponorogo berharap pada panitia penyembelihan hewan kurban, untuk menghindari penggunaan plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Seni saat dikonfirmasi Selasa (5/7), mengatakan kebijakan tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Perayaan Idul Adha, tanpa sampah plastik. Instruksi itulah yang menjadi landasan terbitnya surat Bupati untuk warga Ponorogo. “Tak hanya tahun ini, sebelumnya himbauan tidak menggunakan plastik untuk bungkus daging kurban sudah ada,”terangnya.

Solusinya lanjut Seni, masyarakat diminta untuk membawa sendiri tempat untuk daging kurban atau wadah yang bisa didaur ulang. Seperti kertas, daun pisang atau jati hingga lainnya. Hal itu, bertujuan agar tidak menggunakan plastik yang sangat sulit terurai dengan tanah.

“Selain itu kita juga berharap aga panitia menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang dipilah-pilah, sehingga mempermudah petugas dalam memisahkan sampah. Semoga hmbauan ini dapat dilaksanakan saat perayaan Idul Adha 1443 H, tahun 2022 ini,”pungkasnya.(ad/dd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button