Daerah

Polres Malang Hadiri Workshop Mitigasi Bencana & Donor Darah

Polres Malang Hadiri Workshop Mitiga

Malang,JatimJarrakpos.com – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, S.H., S.I.K., M.H., diwakili Wakapolres Malang Kompol Rizky Tri Putra E.A.W, S.H., S.I.K., menghadiri Workshop Mitigasi Bencana & Donor Darah yang digelar oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Aula PMI Kabupaten Malang, Rabu (14/9/2022) pagi.

Workshop mitigasi bencana ini selain digelar dalam rangka memperingati hari PMI, juga sebagai ajang untuk mengedukasi serta menggugah kesadaran masyarakat akan resiko bencana alam terutama para jurnalis.

Seperti kita ketahui bahwa Malang Raya merupakan wilayah yang dikelilingi oleh pegunungan dan laut, sehingga menjadikannya daerah yang rawan akan bencana alam seperti Tsunami, gunung Meletus, tanah longsor, banjir hingga wabah penyakit.

Turut hadir dalam giat tersebut Kapolresta Malang Kota sekaligus ketua Pembina IJTI Korda Malang Raya, Kombespol Budi Hermanto,S.I.K., M.Si., Dandim 0818 Letkol Inf. Taufik Hidayat, Asisten II Bupati Nur Cahyo, Ketua IJTI Korda Malang Raya M Tiawan, serta gabungan personel Kodim 0818 Malang-Batu dan Polres Malang.

Dalam sambutannya Kapolresta Malang Kota Kombes Budi memberikan apresiasi kepada IJTI Korda Malang Raya yang telah menggelar workshop mitigasi bencana dan donor darah tersebut.

“Kegiatan yang dilakukan teman-teman IJTI ini dapat mempersatukan TNI-Polri, pemerintah, dan para relawan,” tegasnya.

Kapolresta menambahkan, adanya workshop juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk Menyusun skema dalam penanggulangan bencana.

“Sebelum bencana itu terjadi harus dilakukan edukasi dan sosialisaasi untuk menjaga dan merawat ala mini,” imbuh Budi.

Sementara itu Ketua IJTI Korda Malang Raya, M Tiawan dalam sambutannya mengatakan jurnalis penting untuk memahami tentang mitigasi bencana alam, karena tugasnya memberikan informasi kepada masyarakat melalui media massa tidak menutup kemungkinan dihadapkan pada situasi bencana alam.

“Mitigasi bencana alam sangat dibutuhkan karena jurnalis kerap kali melakukan peliputan di lokasi bencana alam. Sehingga dengan adanya workshop ini diharapkan dapat meningkatkan awak media dalam mengurangi resiko bencana saat di tempat bencana,” tutur M Tiawan.

Terpisah, Wakapolres Malang Kompol Rizky menuturkan bahwa workshop mitigasi bencana yang diinisiasi oleh IJTI Korda Malang ini dapat menambah ilmu serta wawasan bagi anggota Polres Malang dalam mendukung tugas kepolisian di wilayah Kabupaten Malang.

Selain itu guna mewujudkan kepedulian sosial, Wakapolres juga mengerahkan 30 anggotanya untuk melaksanakan donor darah di Kantor PMI Kabupaten Malang tersebut.

“Kegiatan donor darah ini juga sebagai bentuk wujud hadirnya POLRI ditengah masyarakat untuk membantu mencukupi kebutuhan stok darah di Kabupaten Malang,” ucap Risky mengakhiri. (dik/dd).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button