Daerah

Kapolres Malang Gandeng Toga dan Tomas Membuka Forum Silaturahmi Kamtibmas

Malang,JatimJarrakpos.com – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menggelar forum ‘Silaturahmi Kamtibmas’ bersama Dai Kamtibmas yakni Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di wilayah hukum Polres Malang yang bertempat di Gedung Sanika Satyawada Mapolres Malang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. (15/9/2022).

Dengan dihadiri oleh 30 Tokoh Agama dan 30 Tokoh Masyarakat yang masing-masing mewakili tiap-tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Ferli secara langsung menyampaikan pentingnya peran Dai Kamtibmas untuk membantu menjaga dan memelihara Kamtibmas yang kondusif.

Hadir pula pada forum silaturahmi ini diantaranya Ketua Dai Kamtibmas yakni K.H. Imam Ma’ruf, Kasat Samapta AKP Bambang Sidik Achmadi, Kasat Binmas AKP Indra Subekti, Kasat Intelkam IPTU Bambang Sulistyono, beserta beberapa pihak terkait.

Kapolres Malang mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan untuk saling berbagi informasi antara Kepolisian dengan Toga dan Tomas mengenai perkembangan situasi Kamtibmas terkini di wilayah hukum Polres Malang.

Ada beberapa pembahasan pada forum ini, diantaranya ajakan untuk menjaga Kamtibmas, mencegah kenakalan remaja, menangani virus Covid-19 dan wabah PMK, menjaga kerukunan berumah tangga maupun bertetangga, serta ajakan kebaikan lain untuk mendukung terciptanya kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Dalam sambutannya, lanjut Ferli, peran serta Dai Kamtibmas ini sangat membantu tugas-tugas Kepolisian, diantaranya menjadi penyambung lidah himbauan Kamtibmas kepada warga, serta menjadi tauladan yang baik di masyakarat.

“Kita ketahui bersama, saat ini perkembangan kasus Covid-19 dan wabah PMK. Peran serta Dai Kamtibmas terutama pada kegiatan vaksinasi kepada masyarakat bisa cepat terlaksana. Serta sosialisasi penanganan wabah PMK juga bisa tersampaikan kepada warga dengan cepat” ucap Kapolres Malang.

Sebagaimana diketahui, Tokoh Agama mampu secara intens memberikan himbauan dan ajakan kepada masyakat pada saat kegiatan kerohanian, baik di masjid, gereja, maupun tempat ibadah lainnya.

Serta pula Tokoh Masyakat yang dalam hal ini menjadi tauladan yang baik bagi warga disekitarnya, sehingga penyampaian himbauan Kamtibmas bisa secara lebih luas dan mengena kepada masyarakat atas peran serta Dai Kamtibmas.

“Saya yakin kita semua yang hadir disini sebaik-baiknya kita adalah orang yang bermanfaat bagi orang banyak, untuk itu kami mohon sekali bantuan manakala rekan-rekan Dai Kamtibmas bertemu dengan tetangga maupun di komunitas untuk turut menghimbau menjaga situasi Kamtibmas” tandas Ferli.

Lebih lanjut, kedepan kegiatan forum ini akan dilaksanakan secara rutin untuk berbagi informasi mengenai situasi Kamtibmas terkini.

Kapolres Malang berharap, kegiatan silaturahmi ini mampu mempererat hubungan baik antara Kepolisian dengan Toga dan Tomas. Serta tugas-tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat bisa berjalan optimal. (dik/dd).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button